teknologi

Cara Aktivasi Windows Yang baik dan Benar

Kalian pengguna Windows 10 pernah lihat notifikasi ‘Windows version isn’t genuine’ di layar? Jika pernah, salah satu kemungkinannya adalah Windows 10 di laptop atau komputer kalian belum diaktivasi.

Untuk bisa menggunakan sistem operasi ini secara optimal, Microsoft mengharuskan penggunanya untuk menginstal Windows 10 yang asli lalu melakukan aktivasi. Berikut adalah panduan untuk mengaktivasi Windows 10 dengan aman dan cepat.

  • Cek Status Aktivasi

Sebelum memulai proses aktivasi, ada baiknya kalian mengecek dulu apakah Windows 10 kalian sudah diaktivasi dan sudah terhubung dengan akun Microsoft kalian.

Caranya mudah saja, tekan tombol Start atau tombol dengan logo Microsoft. Kemudian pilih menu Settings, Update & Security dan pilih opsi Activation. Status aktivasi kalian bisa dilihat di bagian Activation.

Jika status aktivasi kalian ditulis sebagai ‘Windows is not activated’ berarti status Windows 10 kalian belum diaktivasi. Kalian akan melihat error message yang menjelaskan masalah ini dan disarankan untuk membeli lisensi Windows 10 untuk aktivasi.

  • Metode Aktivasi

Untuk mengaktivasi Windows 10, kalian membutuhkan lisensi digital atau Product Key yang terdiri dari 25 karakter. Tanpa adanya lisensi atau product key ini kalian akan kesulitan untuk melakukan aktivasi.

Untuk product key kalian bisa dapatkan di kotak kemasan disk Windows 10 yang kalian beli. Jika kalian membelinya secara online, kalian akan mendapatkan kode ini di email konfirmasi.

  • Cara Aktivasi Windows 10

Jika kalian menggunakan lisensi digital, kalian tidak perlu lagi repot-repot melakukan aktivasi. Karena lisensi ini sudah terikat dengan hardware dan akun Microsoft kalian. Kalian cukup menyalakan komputer atau laptop, hubungkan dengan internet, dan log in ke akun Microsoft kalian.

Jika kalian tidak memiliki lisensi digital, kalian bisa melakukan aktivasi dengan product key. Cara aktivasi sama dengan cara untuk mengecek status aktivasi tadi, yaitu dengan masuk ke menu Settings, kemudian Update & Security, dan menu Activation yang ada di sebelah kiri.

  • Setelah itu pilih opsi Update product key, kemudian opsi Change product key lalu masukkan product key yang ada di disk atau di email konfirmasi.
  • Setelah memasukkan product key, secara otomatis kalian akan masuk ke halaman aktivasi Windows 10. Klik Next untuk memulai proses aktivasi.
  • Kemudian kalian hanya harus menunggu hingga proses aktivasi tersebut selesai dengan sendirinya. Perlu diingat bahwa seluruh proses aktivasi ini memerlukan koneksi internet, sehingga pastikan komputer atau laptop kalian terhubung dengan internet.
  • Setelah proses aktivasi selesai, kalian akan melihat notifikasi yang memberitahu bahwa Windows 10 telah diaktivasi. Untuk menyelesaikannya kalian cukup klik Close.
  • Cara Aktivasi Tanpa Product Key

Ada juga cara mengaktivasi Windows 10 secara offline menggunakan aplikasi semacam Windows Activator. Tapi perlu diingat bahwa cara ini ilegal. Penggunaan Windows 10 yang diaktivasi dengan menggunakan metode ini pun berpotensi menimbulkan bahaya di kemudian hari. Jadi lebih baik gunakan sistem operasi yang legal.

Dengan menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang legal tentu kinerja laptop atau komputer kalian akan lebih optimal. Tak perlu risau juga dengan, misalnya, crack-an yang berpotensi besar “bermuatan jahat”. Dengan aktivasi Windows 10 secara legal, kalian juga bisa menggunakannya secara permanen.

Artinya, jika Windows 10 yang kalian gunakan sempat error dan harus diinstal ulang, kalian tidak perlu lagi membeli lisensi baru. Kalian bisa menginstal Windows 10 di laptop atau komputer kalian yang sama dengan product key yang kalian beli hingga berkali-kali.

Comment here