tipstraveling

5 Makanan Enak yang Bisa Kamu Nikmati Saat Liburan di Penang

Liburan ke Malaysia rasanya belum lengkap kalau belum ke Penang. Terkenal sebagai pusat kuliner, Penang menawarkan berbagai makanan kaki lima enak yang bisa kamu coba selama berada di sana. Rata-rata makanan yang ada di Penang mendapat pengaruh dari China, Melayu, dan juga India. Misalnya saja, nasi kandar, char kway teow, dan masih banyak lagi. Mendengarnya saja sudah bisa bikin perut lapar, ya.

Menariknya lagi, makan di Penang tidak akan bikin kantong kering. Tak percaya? Yap, makanan kaki lima yang ada di sana terbilang cukup murah. Walau murah, rasa makanannya bakal bikin kamu ketagihan, deh. Selain itu, kebanyakan tempat makan di Penang buka sampai dini hari. Jadi, kamu tak perlu kebingungan untuk mencari tempat makan saat kelaparan di tengah malam. Semakin tergiur dengan semua makanan yang ada di Penang? Ayo, segera booking tiket ke Malaysia!

1.  Nasi Kandar

Makanan pertama yang tak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Penang adalah Nasi Kandar. Jika dilihat sekilas, sajian ini mirip dengan nasi Padang karena berisi campuran aneka lauk. Pembeli bisa memilih mulai dari jenis nasi hingga makanan pendampingnya. Umumnya tersedia nasi putih atau nasi briyani. Sementara untuk lauknya, ada pilihan ayam goreng, kari, daging masak kurma, telur ikan ataupun tumis sayuran.

2.  Char Kway Teow

Buat penggemar mie, kamu bisa mencoba char kway teow yang berupa sajian kwetiau goreng yang dimasak dengan api besar dalam wok. Aroma hidangan ini sungguh menggugah dan membuat kamu ingin cepat-cepat menyantapnya. Biasanya, char kway teow dihidangkan dengan pelengkap seperti seafood, telur, kucai, dan tauge. Lezat!

Tak sulit untuk mencari sajian ini. Gerobak kaki lima saja banyak yang menjualnya. Buat muslim patut berhati-hati sebab makanan ini biasa dimasak dengan menggunakan lemak babi (lard) atau irisan dendeng babi. Jadi, carilah tempat makan yang menjual char kway teow halal.

3.  Assam Laksa

Assam Laksa jadi makanan selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Penang. Sajian mie satu ini termasuk yang terfavorit di Negeri Jiran. Pada sajian ini, semangkuk mi kuning diberi kuah bercitarasa paduan asam, gurih, manis, hingga pedas.

Rasa kuahnya sedikit mirip kuah tom yum yang segar. Namun, rasa Assam Laksa lebih kompleks karena ada penggunaan suwiran ikan kembung, asam gelugur, nanas, mentimun, terasi, hingga daun laksa.

4.  Curry Mee

Masih berupa sajian mie, ada curry mee yang memiliki cita rasa rempah yang kaya. Pada sajian ini, mie telur dan bihun direndam dalam kuah kari. Menggunakan santan sebagai bahan utama kuah membuat rasa kuahnya sedikit gurih berempah dan agak manis. Mie dilengkapi dengan ayam, tahu, hingga seafood. Ada pula yang menambah darah babi beku pada sajian ini. Penggunaan daun mint dan sambal membuat aromanya semakin sedap.

Pantang dilewatkan!

5.  Cendol

Cuaca panas Penang memang akan membuat tenggorokan cepat kering. Nah, di saat seperti ini paling enak kalau minum yang segar-segar. Di Penang, ada sajian cendol enak yang bisa kamu nikmati. Sebenarnya, tampilan cendol di sana tak jauh berbeda dengan cendol yang ada di Indonesia. Isinya pun lumayan sama, yaitu kacang merah, santan, sirup gula merah. Yang membedakannya hanya pada penggunaan serutan es sehingga memberikan sensasi yang segar. Untuk menikmati seporsi cendol enak ini, kamu bisa mengunjungi Penang Road Famous Teochew Chendul yang tak pernah sepi pembeli.

Bagaimana, semakin tak sabar liburan ke Penang? Lupakan diet saat sedang di sana, ya!

Comment here